Sabtu, 24 November 2012
LIMA KEAHLIAN KOMUNIKASI BAGI PROFESIONAL DAN PEMILIK USAHA
Terjemahan bebas dari materi oleh:
Dianna Booher, CSP
CEO of Booher Consultants dan ExpertSpeaker
Konsultan Komunikasi
Keahlian berkomunikasi itu mutlak bagi setiap pemilik usaha. Dan perhatikanlah bahwa "berbicara" adalah keahlian yang diletakkan di nomor satu. Anda berbicara setiap hari dengan orang di sekeliling Anda. Dalam briefing atau meeting pagi, presentasi bisnis, bahkan di saat makan siang.
Berikut adalah lima keahlian komunikasi yang merupakan kelengkapan standar bagi setiap orang yang memiliki usaha.
KEAHLIAN #1: BERBICARA
Saat ini, berbicara tidak lagi hanya sekedar "plus" dalam dunia usaha. Makin tinggi peringkat atau posisi seseorang dalam bisnis apapun, keahlian berbicara menjadi semakin krusial. Public speaking telah menjadi "norma" bagi eksekutif senior.
Dalam mengurus bisnis sehari-hari, Anda pasti akan menjelaskan krisis bisnis di hadapan sejumlah orang. Bahkan, jika Anda pengusaha kecil, berbicara adalah bagian dari bisnis itu. Anda harus banyak berbicara untuk menggalang network, untuk mempresentasikan bisnis, untuk menjaring kolega, atau untuk memasarkan produk. Kesuksesan bicara Anda berkorelasi langsung dengan bottom line di laporan rugi laba Anda.
Anda memang tidak perlu menjadi orang yang cemerlang atau jenius. Orang yang diperlukan adalah orang yang punya pengaruh kuat pada orang lain. Dan pada saat yang sama, pebisnis yang bisa berbicara dengan baik, cenderung dipersepsi lebih kuat, lebih pandai, dan lebih dihargai.
Di luar dunia bisnis, Anda akan meneruskan upaya mencari dan menemukan berbagai kesempatan. Di rapat RT, di arisan keluarga, di jamuan makan, di pesta atau kondangan, di organisasi sosial dan sebagainya. Dalam banyak kasus itu, kemampuan public speaking akan sangat berguna.
Berbicara baik dengan cara yang baik, adalah keharusan bagi pengusaha.
KEAHLIAN #2: MENDENGAR
Mendengar pada intinya mencerminkan perbedaan antara closing atau losing penjualan, mendapatkan atau kehilangan klien, memotivasi atau mereduksi semangat tim, membangun atau menghancurkan hubungan antar karyawan.
Mendengar adalah prasyarat bagi kesuksesan bisnis.
"Know how to listen, and you will profit even from those who talk badly.”
Mendengar sangat penting. Tidak mendengar pasar, Anda akan keluar. Tidak mendengar karyawan, Anda akan sendirian. Tidak mendengar kompetitor, Anda akan 'ngglosor'. Tidak mendengar diri sendiri, Anda mati.
Pelajari sekali lagi tentang kendala mendengar, dan terjemahkan artikel ini dalam konteks berbisnis:
http://www.indodigest.com/indonesia-special-article-48.html
KEAHLIAN #3: MENULIS
Segala yang resmi, cepat atau lambat harus dituliskan. Sayangnya, menulis sering pula menjadi kendala yang tak kalah berat bagi sebagian pengusaha. Mereview sebuah laporan misalnya, seringkali menjadi pekerjaan yang memusingkan.
Lihatlah kembali berbagai draft yang sampai ke meja Anda: Proposal dari pelanggan besar. Strategic partnership. Policy statements. Press release. Surat untuk investor. Semuanya menuntut keahlian menulis.
Dalam konteks ini, apa yang Anda tulis adalah apa yang Anda dapat. Tulisan Anda harus jelas, sederhana dan akurat.
Jika Anda adalah profesional atau pebisnis yang bukan penulis, artikel ini mungkin bisa memicu motivasi Anda untuk mulai berlatih menulis:
http://www.indodigest.com/indonesia-special-article-47.html
KEAHLIAN #4: MEMIMPIN RAPAT
Bayangkan ini: Rapat dapat membuat dunia menjadi damai, dan sekaligus dapat membuat dunia menjadi lapangan perang.
Rapat dapat membuat 15 jam Anda dalam seminggu menjadi 15 jam yang damai, atau 15 jam yang membuat frustrasi. Ini, juga berlaku bagi manajer yang hebat "time management"-nya sekalipun.
Kemampuan memimpin rapat, akan menentukan siapa yang akan ikut dan apa yang akan mereka capai. Kesia-siaan, atau sesuatu yang bernilai.
KEAHLIAN #5: RESOLUSI KONFLIK
Pebisnis, sayangnya, punya banyak konflik. Jika tidak dengan klien, ya dengan orang dalam. Jika tidak dengan orang dalam, ya dengan otoritas. Jika tidak dengan mereka, ya dengan pemegang saham.
Anda adalah wasit di dalam bisnis.
Jika Anda menemukan bahwa Anda masih belum optimal memiliki semua keahlian di atas, maka efektifitas Anda dalam mencapai hasil dan sasaran bisnis akan terganggu dan bias. Untuk itu, Anda perlu menajamkan semua toolkit di atas, dan pada saat yang sama menularkan semua itu ke dalam tim Anda.
Bapak dan Ibu sekalian, bisakah Anda memberi alasan; mengapakah keahlian berbicara di nomor 1 letaknya?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
About
Link list 3
- Askep Gawat Darurat (11)
- Download (3)
- Ichal (3)
- Tips Berbicara Di Depan Publik (30)
- Tutorial (9)
Popular Posts
-
WORKSHOP: "CARA EDAN: BICARA PENUH PERCAYA DIRI SAAT MEMIMPIN, MENJUAL, DAN BERPRESENTASI" LATAR BELAKANG: 1. Anda memimpin, ber...
-
ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN LUKA TUSUK YANG TERPASANG VENTILATOR I. KONSEP DASAR 1) LUKA TUSU...
-
APA ITU ASIDES? Di dalam konteks teater, "aside" adalah sesuatu yang diucapkan kepada audience, tapi tidak didengar oleh aktor ...
-
Terjemahan bebas dari materi oleh: Dianna Booher, CSP CEO of Booher Consultants dan ExpertSpeaker Konsultan Komunikasi Keahlian berkomunik...
-
Terjemahan bebas dari materi oleh: Maynard Leigh & Associates Suatu sesi bicara sangat ditentukan oleh pembukaan. Ini ibarat pesawat ...
-
LAPORAN PENDAHULUAN HIPOGLIKEMIA A. Pengertian Hipoglikemi adalah suatu keadaan, dimana kadar gula darah plasma puasa kuran...
-
Apa yang perlu Anda pakai saat berpresentasi? Pakaian apa yang tepat untuk sesi bicara Anda? Bagaimana dengan aksesorisnya? Berikut adalah...
-
Terjemahan bebas dari materi oleh: Paul Daniels Sebagai pembicara, Anda pasti punya sangat banyak pertanyaan yang butuh jawaban. Saat waku...
-
Terjemahan bebas materi oleh: Pati McDermott, CHT Saat bicara di depan audience, Anda mungkin saja diserang panik yang datang mendadak. Mu...
-
Materi oleh: Lee Hopkins Pakar Komunikasi WORKSHOP PUBLIC SPEAKING BATCH-4 "CARA EDAN: LEBIH PERCAYA DIRI BERBICARA KUNCI SUKSES MEMI...
About Me
Link list 2
- Askep Gawat Darurat (11)
- Download (3)
- Ichal (3)
- Tips Berbicara Di Depan Publik (30)
- Tutorial (9)
Link list 1
- Askep Gawat Darurat (11)
- Download (3)
- Ichal (3)
- Tips Berbicara Di Depan Publik (30)
- Tutorial (9)
Slider(Do not Edit Here!)
Youtube.com
Search
Copyright Text
Asuhan-Keperawatan-Lengkap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar